Gowes XC Tanrutedong – Barukku

Beberapa tahun yang lalu dengan memakai Supra Fit kami menemukan sebuah jembatan gantung di daerah Barukku. Jembatan tersebut menyeberangi Sungai Bila menghubungkan Desa Botto dengan Barukku. Kami sempat bermain air di sungai ketika tiba-tiba permukaan air sungai naik dan menjadi keruh. Rupanya salah satu anak sungai banjir. Kemungkinan hujan deras di daerah hulu. Karena tidak sempat melanjutkan perjalanan ke seberang, maka menyisakan rasa penasaran. Penasaran dengan kondisi di seberang sungai.

Pagi itu hujan deras mengguyur Tanrutedong sehingga gowes pun ditunda. Setelah reda maka segera kuambil Sierra AX (citybike 3-speed internal gear) dan kugebeber ke arah Jalak Bila. Begitu memasuki Desa Taccimpo hujan deras kembali mengguyur. Kubulatkan tekat untuk menuntaskan misi gowes hari ini dengan menerobos hujan. Beruntung membawa kantong plastik sehingga ponsel dan uang ntidak basah oleh air hujan. Untuk melawan rasa dingin kecepatan kutambah sehinngga ritme jantung meningkat, tekanan darah naik dan badanpun  menjadi lebih hangat.

Sierra AX @ PT Berdikari United Livestock Indonesia

Begitu sampai di area peternakan PT Berdikari United Livestock Indonesia (BULI) hujan pun reda. Acara foto-foto pun dimulai. Sayang beberapa padang penggembalaan yang memiliki pemandangan bagus tertutup oleh pagar kawat berduri. Di bagian atas yang kini berubah menjadi kebun singkong terdapat spot menarik. Sempat tergoda untuk masuk lebih dalam ke area peternakan akan tetapi karena tadinya berangkat agak siang maka kuputuskan untuk menghemat waktu dengan melanjutkan perjalanan ke Barukku.

Melewati BULI terdapat bonus turunan dengan aspal mulus sehingga gigi kupindahkan ke nomer 3, ngebut. Begitu ada papan penunjuk sekolah SMP sepeda kubelokkan ke kiri ke arah jembatan gantung.

Jalan aspal mulus menjelang Barukku, Pituriase

Beruntung begitu sampai di jembatan gantung matahari yang sebelumnya tertutup awan kini bersinar cerah. Tergoda oleh jernihnya air sungai maka Sierra AX kubawa ke bawah jembatan. Seandainya tidak berangkat kesiangan maka bisa mandi-mandi dulu. Jernihnya air sangat menggoda. Di kejauhan anak-anak bermain bola air di tengah sungai.

Jembatan gantung Barukku – Botto

Dari bawah jembatan gantung Barukku – Botto

Sierra AX mencicipi segar dan jernihnya air Sungai Bila

Setelah puas berfoto-foto maka dimulailah misi sesungguhnya. Menemukan jalan tembus ke Bendungan Bila. Kuputuskan untuk mengambil arah lurus menyusuri persawahan. Setelah bertemu tanjakan dan ladang akhirnya bertemu dengan perkampungan yang memiliki tiang listrik. Artinya, dengan mengikuti tiang listrik tersebut pasti akan bertemu dengan peradaban/perkotaan 😀 . Beruntung juga singal GPS/BTS yang sebelumnya sempat hilang kini muncul lagi. Sebenarnya tanpa panduang tiang listrik pun dengan membaca Gmaps dan berpedoman dengan jalan yang nampak di peta pasti akan ketemu juga.

Jalur ini benar-benar terasa sebagai jalur cross-country. Perumahan masih jarang. Sepanjang jalan didominasi dengan ladang dan perkebunan. Dan area ini tampaknya berbatasan langsung dengan hutan rimba yang nampak tidak terlalu jauh. Jalan relatih mulus dengan dominasi makadam ala Sulawesi. Berbeda dengan makadam di kampungku, makadam di Sulawesi jauh lebih mulus karena daerah ini kaya pasir dan kerikil. Pasih halus dan kerikil ini membuat makadam terasa seperti jalan beraspal kasar.

XC track Desa Botto

Secara umum dari Botto menuju Bendungan Bila didominasi turunan. Kecuali di area PT BULI maka tidak ada lagi tanjakan ekstrim. Pilihanku untuk memakai citybike dalam gowes XC kali ini tidak salah. Sebagian besar trek masih bisa dilibas dengan citybike. Tanjakan pun tidak terlalu ekstrim meski beberapa membuat diriku harus turun dari sepeda karena jika dipaksakan takut rantai menjadi putus.

Selebihnya track ini menyusuri Sungai Bila sampai bertemua dengan Sungai Bulucenrana yang juga memiliki sebuah jembatan gantung ke arah Desa Salo Bukkang.

Track ini sangat direkomendasikan bagi para goweser di Tanrutedong, Duapitue karena komplit variasi track-nya dan viewnya sangat bagus.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s