Morning Ride -Singosari Beautiful Countryside

Sepeda Pacific baru yang berdiri di ruang tamu menggodaku untuk mencoba menaikinya menyusuri pedesaan Singosari. Akhirnya Minggu pagi 28 Agustus 2016 kuputuskan untuk mencobanya ke arah Stupa Sumberawan, Toyomarto.

Strava langsung kuaktifkan. Sayang, karena sinyal jelek, setelah 500m berjalan Strava baru merekam aktivitas gowes. I missed that 500m😛

Rute kali ini akan melintasi 4 desa di kaki Gunung Arjuna, a.l. Purwoasri, Klampok, Gunungrejo dan Toyomarto. Elevasi trek berada pada kisaran 500 – 700mdpl. Tidak terlalu ekstrim. Cocok untuk gowes minggu pagi yang tidak membutuhkan waktu lama tetapi cukup menguras tenaga.

Segmen Purwoasri – Klampok sedikit menanjak dari arah Gebyak menuju Gentong. Tanjakan terjal terdapat pada jembatan penghubung antara Gentong dan Pasrepan. Selebihnya adalah trek rata sampai Gunung Rejo.

Bagian paling menarik dari trek ini terletak di Gunungrejo. Di Dusun Mbiru terdapat tanjakan yang memaksaku memindahkan rantai ke sprocket terbesar. Setelah itu terdapat tanjakan panjang sampai kantor desa Gunung Rejo. Kedua tanjakan ini merupakan daya tarik utama dari segmen ini. Selain itu segmen ini menawarkan banyak hotspot dengan latar Gunung Arjuna Gunung Kawi-Panderman dan Lembah Malang.

Gunungrejo Singosari dengan latar Gunung Arjuna

Gunungrejo Singosari dengan latar Gunung Arjuna

Selain itu di ujung segmen ini terdapat Stupa Sumberawan yang konon merupakan satu-satunya candi Budha yang ada di Jawa Timur. Stupa Sumberawan terletak di sebuah lembah yang merupakan mata air. Mata air ini merupakan sumber air bagi PDAM Singosari.

Kesimpulanya, trek gowes ini sangat recommended bagi goweser Malang Raya atau siapa saja yang ingin berkeringat dan memanaskan dengkul tetapi waktunya mepet. Trek gowes ini bisa dilibas dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Cukup 2-3 jam saja. Start point bisa dari arah Karanglo (Sekargadung), Losawi (sekitar kampus ITN) atau Mondoroko (RS Marsudi Waluyo).

Stupa (candi) Sumberawan

Stupa (candi) Sumberawan

 

Trek Gowes ke Candi Suberawan Singosari

Trek Gowes ke Candi Suberawan Singosari

5 responses to “Morning Ride -Singosari Beautiful Countryside

  1. Salam Pancal Mas, …… Saya domisili juga di Singosari, Perum BMR. Tapi banyak aktifitas sepeda di Surabaya, karena “sawahnya” di kota Pahlawan itu. Kapan-kapan bisa gabung, morning ride sama2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s