Gowes napak tilas Singosari – Cangar, Batu

Dulu saya pernah melibas trek ini memakai sepeda BMX ketika masih SMP. Dengan sepeda single speed tentu saja sebagian besar tanjakan tidak gowesable karena terlalu curam. Kini aku akan mencoba menapaktilasi rute ini dengan sepeda MTB.

Jam 7:30 berangkat dari Gebyak Purwoasri. Melewati jalan tembus Singosari-Karangploso melalui Tunjungtirto aku sampai di jalan raya ke arah Batu yang sekarang menjadi lebar dan mulus. Sepeda kugeber sampai di Donowarih. Sempat berhenti beberapa kali untuk minum dan mengabadikan pemandangan di gerbang kota Batu dan Jembatan Oranye. Jembatan Oranye ini mengingatkanku kepada jembatan dengan warna serupa di Jatiluhur.

Jembatan Oranye - Bumiaji, Batu

Jembatan Oranye – Bumiaji, Batu

Di pertigaan Bendo, Batu aku mengisi ulang perbekalan dengan memberi minuman dan empat potong roti goreng. Harganya sangat murah. Hanya 1000 rupiah per biji.

Setelah mengisi perut dan memulihkan stamina aku melanjutkan perjalanan ke arah Cangar. Jalanan menanjak. Sedikit sekali jalan rata. Musim liburan mengakibatkan banyak bus yang berlalu lalang menuju kawasan wisata di Batu. Asapnya cukup mengganggu pernafasan.

Menjelang area perkebunan sayur dan apel di Junggo stamina mulai menurun. Istirahat beberapa kali di tanjakan curam. Astroz 7 speed cukup berat untuk menaklukkan tanjakan. Akan tetapi karena putaran tidak terlalu cepat maka ritme jantung selalu terjaga. Semua tanjakan dilibas tanpa TTB karena sangat gowesable.

Jam 11:40, tepat saat adzan Dzuhur sampai di Desa Sumberbrantas Batu. Setelah sholat Dzuhur perjalanan kulanjutkan ke arah Cangar. Mampir sebentar ke Arboretum Sumberbrantas milik Perum Jasatirta.

Mendung semakin tebal dan mulai rintik. Akhirnya kubatalkan target ke Cangar karena cemas dengan hujan deras dan tanah longsor. Musibah tanah longsor di Banjarnegara menciutkan nyaliku. Apalagi di sepanjang jalan setidaknya terdapat dua papan peringatan bahasa longsor.

Sepeda kuputar ke aran kanan dan aku balik ke arah Batu. Bonus turunan sepanjang 28 km kunikmati sampai rumah. Jika saat pergi membutuhkan waktu 4 jam maka baliknya hanya 1 jam 20 menit😀

Jalur ini memang sangat cocok bagi penikmat tanjakan.

Rute gowes Singosari - Batu - Cangar

Rute gowes Singosari – Batu – Cangar

2 responses to “Gowes napak tilas Singosari – Cangar, Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s