Gowes Taman Cibodas – Bendungan Cibeet

Berawal dari kegiatan intip mengintip sekitar rumah dengan Google Maps terlihat bahwa ada sebuah jembatan yang melintas di atas Cipamingkis di kawasan industri GIIC. Sebelum ada Jembatan Cipamingkis, Cipamingkis adalah natural barrier alias rintangan alam ketika kita ingin merambah kawasan tenggara Delta Mas.

Penasaran dengan keberadaan jembatan tersebut maka saya berusaha mengunjunginya dengan menggowes. Selain itu saya juga ingin kembali menyapa Bendungan Cibeet. Dua kali trip ke Jatiluhur melalui Bendungan ini sehingga ia memiliki kenangan tersendiri 🙂

Jembatan Cipamingkis GIIC dengan latar pabrik mobil PT Suzuki Indomobil

Jembatan Cipamingkis GIIC dengan latar pabrik mobil PT Suzuki Indomobil

Sebelum ada jembatan tersebut untuk mencapai Bendungan Cibeet harus dicapai melalui Pasir Kupang atau melalui Jembatan Gantung Cibeet di sebelah timur Delta Mas. Jembatan Cipamingkis di GIIC membuat jarak Bendungan Cibeet semakin dekat dari Lippo Cikarang. Total jarak hanya 13 km.

Bendungan Cibeet ada bendungan yang berfungsi untuk menambah pasokan air Kalimalang. Cibeet berhulu di Gunung Sanggabuana dan Pegunungan Halimun.

Bendungan Cibeet

Bendungan Cibeet

Stasiun Hujan Telemetri Cibeet

Stasiun Curah Hujan Telemetri Cibeet

Dari dalam kawasan industri GIIC terdapat sebuah jalan tembus menuju Jalan Raya Pasir Ranji. Yang menarik di Pasir Ranji terdapat SMK Negeri Cikarang Pusat. Pada saat gowes balik dari bendungan ke arah Delta Mas banyak sekali siswanya dari arah Delta Mas. Artinya selama ini mereka harus memutar melalui Teluk Jambe atau Pasir Kupang untuk menuju sekolah sebelum ada jembatan.

Rute gowes Taman Cibodas - Bendungan Cibeet

Rute gowes Taman Cibodas – Bendungan Cibeet

Tinggalkan komentar