Dua hari bersama citybike

Hari Sabtu-Minggu di minggu pertama September 2014 ini saya selalu hilir mudik dengan citybike dari Polygon, Sierra Lite. Setelah sekian lama citybike ini hanya dipakai ke warung dan ke masjid akhirnya ia bisa keliling Lippo Cikarang.

Kembali merasakan bahwa sepeda ini memang sangat nyaman dan posisi menggowesnya sangat santai. Gigi terbesarnya cukup membantu saat mendaki tanjakan Cibodas ataupun tanjakan Jalan Majapahit.

Dengan 6 tingkat kecepatan sebenarnya sepeda masih agak berat dipakai di tanjakan curam. Tetapi ukuran rodanya yang kecil membantu meringankan beban tersebut. Karena terbiasa ngebut dengan MTB, pada saat di jalan datar sepeda ini masih terasa ngicik meski gigi sudah berada di posisi terkecil. Ukuran crank memang kurang besar.

Sierra memang bukan sepeda gunung maka gigi belakang tidak terlalu besar. Tidak ada suspensi sehingga ketika ada gundukan tidak ada redaman. Sierra juga bukan sepeda balap atau hybrid yang dipakai ngebut sehingga ukuran crank tidak terlalu besar.

Sierra Lite 2013-2014

* Sierra Lite 2013-2014

Sesuai dengan jenisnya, citybike, maka Sierra dirancang untuk berada di perkotaan (jalan datar dan mulus). Maka Sierra cukup memiliki 6 kecepatan saja serta jenis frame dan fork yang rigid. Ban tidak terlalu lebar karena tidak membutuhkan redaman ataupun daya cengkeram yang kuat.

*sumber gambar: http://www.polygonbikes.com/id/bikes/description/2013-sierra-lite-orange

4 responses to “Dua hari bersama citybike

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s