Kampung Sawah-Cijambe-Panunggangan-Kadusewu-Gobang|Surga gowes cross-country di Rumpin, Bogor

Trek gowes akhir pekan yang ideal (menurut saya) harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Bisa ditempuh kurang dari sehari
  2. Seimbang antara turunan dan tanjakan
  3. Mayoritas lintasan berupa single track
  4. Menantang untuk digowes
  5. Menyajikan view yang mantap. POI di sepanjang jalan
  6. Nge-loop sehingga memudahkan akomodasi ke basecamp
  7. Murah

Menurut saya, trek Cross Country yang ada di perbukitan di Rumpin melalui desa Kampung Sawah, Cijambe, Panunggangan, Kadusewu dan Gobang sangat memenuhi semua kriteria di atas.

Rute gowes Kampung Sawah - Cijambe - Panunggangan - Gobang (Rumpin, Bogor)

Rute gowes Kampung Sawah – Cijambe – Panunggangan – Gobang (Rumpin, Bogor)

Siapapun yang menemukan atau membangun track ini layak mendapat bintang penghargaan. Selama beberapa tahun mengikuti gowes cross country baru kali ini saya menemukan trek yang demikian komplit.

Apa yang disajikan oleh trek ini? Anda akan dibawa mendaki dari ketinggian 100 mdpl menuju 600 mdpl dengan lintasan yang mungkin tidak pernah anda bayangkan. Lintasan awal berupa makadam yang mneyusuri bantaran sungai dan melewati beberapa perkampungan di sepanjang aliran sungai. Rimbun dan sejuk dengan hamparan sawah di dataran rendahnya.

Begitu jalan makadam habis maka kita akan disambut single trak panjang sampai ketinggian 600 mdpl. Di sinilah petualangan dimulai. Terlebih jika kita melibasnya sehabis turun hujan di mana jalanan menjadi licin dan berlumpur. Perlu skill, seni dan feeling untuk mendapatkan grip, menjaga keseimbangan dan mengarahkan sepeda agar kita tidak keluar lintasan atau turun dari sadel.

Yang tidak kalan penting adalah penting adalah power. Tanpa power yang besar niscaya kita akan kesulitan menaklukkan setiap tantangan dengan poin sempurna. Tanpa power dan stamina yang prima kita akan segera kehabisan napas, kehabisan energi saat dihadang tanjakan curam nan panjang.

Tetapi jangan khawatir, begitu kita lulus ujian berat ini maka kita akan mendapatkan hadiah turunan berupa single track yang mak-nyuss. Rem harus pakem. Konsentrasi ke lintasan. Jangan terlalu ngebut. Seperti halnya tanjakan di awal trip. Pemandangan di sepanjang turunan ini tidak kalah menarik. Tetap rimbun dan hijau di sepanjang jalan.

Kerimbunan itu disebabkan rapatnya vegetasi hutan maupun kebun di sepanjang jalan. Mulai dari pohon aren, durian, kopi, kelapa, sengon, jabon, akasia, cengkih dan rumpun2 bambu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s