Bersepeda di Pulau Tidung – Kepulauan Seribu

Inilah wilayah Indonesia dimana jumlah sepedanya melebihi jumlah penduduknya. Pulau Tidung di Kepulauan Seribu mengalahkan Belanda yang terkenal dengan penduduknya yang gila bersepeda. Sepeda-sepeda di Pulau Tidung merupakan fasilitas yang diberikan untuk pelancong. Jika anda menginap di salah satu homestay di pulau ini maka secara otomatis anda berhak memakai sepeda yang disediakan pemilik homestay tanpa batasan waktu. Selama anda belum checkout maka sepeda-sepeda yang disediakan bisa anda gunakan sepuasnya.

Sepeda-sepeda di Pulau Tidung pada sebuah homestay

Kebanyakan sepeda yang disediakan di Pulau Tidung berjenis citybike kecepatan tunggal. Mengingat tingginya kadar garam di udara, tanah dan air maka pemakaian derailleur akan rentan macet akibat karat. Maka jangan heran jika komponen-komponen sepeda yang terbuat dari baja berkarat semua mulai dari poros, rantai hingga mur dan baut.

Bersepeda di Pulau Tidung

Sebagian besar sepeda disetel pada posisi sadel terendah. Hal ini tentu membuat kaki menjadi cepat lelah karen posisi mengayuh tidak ideal. Sebelum anda bersepeda pilihlah sepeda-sepeda yang memiliki quick-release pada seatpost (batang sadel)-nya.

Menginat Pulau Tidung cukup panjang maka tersedianya sepeda ini sangat menunjang mobilitas kita yang ingin menyusuri pulau. Tujuan favorit adalah beberapa cafe yang terdapat di ujung timur pulau dan jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Kecil hanya bisa disusuri dengan berjalan kaki karena semua sepeda harus diparkir sebelum jembatan cinta.

6 responses to “Bersepeda di Pulau Tidung – Kepulauan Seribu

  1. Sebenarnya pemerintah sejak 5 tahun lalu pernah berencana untuk membuat jalan lingkar, sayangnya sampai sekarang belum ada realisasinya, hingga keburu kebanjiran pengunjung.
    Jalan lingkar sepanjang jalur selatan dan utara dari barat hingga timur dengan pelebaran 1 meter. Pulautidung kecil justru jalannya lebih lebar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s