Penampakan sepeda pada film Bourne Ultimatum

Tulisan ini terinspirasi oleh pandangan jeli seorang programmer dimana ia melihat sebuah hacking tools yakni Nmap dipakai oleh seorang agen CIA untuk memindai email seorang wartawan dalam film Bourne Ultimatum

Sebagai orang yang senang dengan aktivitas bersepeda,  aku tersadar bahwa banyak sekali sepeda-sepeda yang terekam dalam film Bourne Ultimatum dalam scene di London. Bagian terbanyak adalah pada pembukaan film ketika menampilkan kisah tentang wartawan The Guardian, Simon Ross, yang sedang menginvestigasi jati diri Jason Bourne.

Sepeda dalam film Bourne Ultimatum

Ketika Simon Ross keluar dari kantor The Guardian di London kita menyaksikan beberapa sepeda yang diparkir sekenanya di pagar-pagar atau tiang-tiang di depan perkantoran atau tepatnya di tepi jalan raya. Mungkin ini menunjukkan betapa besarnya toleransi dan penghargaan  mereka bagi para komuter bersepeda sehingga mereka boleh menempel (parkir) di mana saja.

Tentunya sepeda-sepeda tersebut diikat ke tiang atau pagar. Akan tetapi jika saya diminta melakukan hal tersebut di Indonesia saya tidak akan berani. Pencuri di negara ini punya reputasi tinggi. Mereka sangat lihai merontokkan berbagai alat pengaman bagi sepeda ataupun motor.

Sepeda dalam film Bourne Ultimatum terlihat dari sebuah kamera CCTV

Jika kita perhatikan lagi, sepeda-sepeda tersebut termasuk kategori sepeda biasa yang merakyat. Sepeda-sepeda tersebut memang sepeda yang dipakai untuk komuter dan perkotaan bukan sepeda MTB. Mungkin karena saking kotanya mereka sama sekali tidak terpikir untuk bermain cross-country. Kemungkinan lain mereka memiliki beberapa jenis sepeda sesuai peruntukkannya sehingga saat bike to work dipakailah sepeda tersebut.

Sepeda dalam film Bourne Ultimatum – tempat parkir paling eksklusif di London

Kalau di Indonesia lain lagi ceritanya. Karena biasanya tiap orang hanya memiliki satu jenis sepeda maka sepeda tersebut dipakai ke mana-mana. Bermain lumpur di akhir pekan, blusukan keluar masuk kampung dan gowes ke tempat kerja memakai sepeda yang sama. Dalam tanda kutip inilah All Terrain Bike🙂

Apapun sepedamu, ayo digowes ke tempat kerja!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s