Pejalan kaki dan pengendara sepeda adalah pahlawan pembangunan

Beberapa pemilik kendaraan bermotor yang tidak menghormati dan memberikan hak-hak pejalan kaki atau pengendara bersepeda beralasan bahwa mereka lebih berhak memakai jalan karena membayar pajak kendaraan bermotor. Benarkan demikian?

Coba kita lihat berapa pajak kendaraan bermotor untuk sepeda motor? Paling hanya berkisar 200-300 ribu saja. Apakah cukup dengan pajak sebesar itu lalu dikalikan dengan seluruh pemilik kendaraan bermotor untuk membangun atau merawat jaringan jalan?

Bisa jadi pejalan kaki atau pengendara sepeda itu adalah mereka yang membayar pajak penghasilan di atas 500 ribu perbulan. Artinya dalam setahun mereka membayar pajak minimal 6 juta. Bukankah itu berarti 20 kali nilai pajak kendaraan bermotor.

Jarang yang sadar bahwa pejalan kaki dan pengendara sepeda adalah orang-orang yang membayari BBM kendaraan bermotor. Kok bisa? Itu karena pemilik kendaraan bermotor lebih banyak yang memakai premium. Premium adalah BBM bersubsidi. Artinya harga premium dibawah harga ekonomis dan sisa harganya dibayari oleh negara (pembayar pajak, salah satunya penajalan kaki dan pengendara sepeda).  Ketika seseorang tidak memakai BBM bersubsidi sama sekali berarti ia memberikan haknya agar dipakai mereka yang lebih membutuhkan.

Berapa kilometer jalan yang bisa dibangun atau berapa rangkaian KRL yang bisa dibeli dengan uang 95 trilyun? Tahukah anda bahwa uang 95 trilyun itu adalah uang subsidi BBM dalam APBN 2011?

Jadi pejalan kaki dan pengendara sepeda adalah pahlawan pembangunan (kalimat yang cukup bombastis 🙂 ) karena mereka mengurangi beban subsidi dalam APBN sehingga bisa digunakan untuk membangun sarana atau infrastruktur yang lebih bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s